Efek Samping Duduk Terlalu Lama. Sudah Tahukah Anda?

 

Efek Samping Duduk Terlalu Lama. Sudah Tahukah Anda?
Efek Samping Duduk Terlalu Lama. Sudah Tahukah Anda?

Saya bekerja di kantor mulai pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Sebagian waktu saya habis diepan komputer maupun didepan tumpukan proposal yang harus saya teliti satu persatu. Kalau di buat rata-rata, 8 jam waktu dikantor saya habiskan untuk duduk dalam waktu lebih dari 6 jam. 2 jam sisanya anggap saja saya pakai untuk berdiri mengambil minum, fotokopi berkas, maupun berjalan ke ruangan lain. Senin sampai jumat itulah rutinitas saya. Kalau di rata-rata, dalam satu minggu saya duduk dikantor lebih dari 40 jam. Belum ditambah ketika saya naik kendaraan, duduk ketika sepulang kerja, dan juga waktu akhir pekan. Memang apa masalahnya kalau saya duduk selama itu?

Berdasarkan banyak artikel yang pernah saya baca, menyebutkan bahwa duduk terlalu lama bisa menimbulkan efek samping. Apa saja sih efek samping duduk terlalu lama? Salah satu nya yaitu akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Berdasarkan penelitian dari Women Health Center of Excellence di Universitas California, didapatkan hasil bahwa duduk terlalu lama bisa menyebabkan gangguan kardiovaskuler seperti terjadinya serangan jantung.

Duduk dalam waktu lebih dari 11 jam per hari, masih menurut penelitian diatas, bisa meningkatkan resiko kematian. Walaupun tentu saja kematian itu urusan Tuhan ya 🙂

Efek Samping Duduk Terlalu Lama. Sudah Tahukah Anda?
Efek Samping Duduk Terlalu Lama. Sudah Tahukah Anda?

Selain serangan jantung, efek samping dari duduk terlalu lama adalah bisa meningkatkan tekanan darah, kolesterol jahat, dan tentu saja lemak di sekitar perut yang akan berbahaya bagi tubuh kita.

Penelitian serupa terdapat pada jurnal Medicine and Science in Sport and Exercise. Di sana disebutkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan duduk lebih dari 23 jam per minggu meningkatkan resiko untuk terserang penyakit jantung. Padahal saya duduk lebih dari 40 jam perminggu. Waduh, bahaya nih.

Selain beberapa penyakit seperti disebutkan diatas, masalah yang beanr-benar sudah saya rasakan adalah pinggang yang sakit kalau terlalu lama duduk. Setelah bagian pinggang saya terasa seperti itu, mood untuk meneruskan pekerjaan menjadi cukup terganggu. Yah, tetapi yang namanya tanggung jawab pekerjaan. Jadinya saya paksakan deh.

Beberapa hari ini saya telah cari-cari informasi mengenai apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi efek samping duduk terlalu lama. Tenang saja, semuanya akan saya share kepada para pembaca sekalian.

Tips yang pertama adalah sesekali lakukan perenggangan badan, agar otot-otot dan tulang kita tidak mengalami dislokasi. Nyeri dan sakit pada bagian pinggang bisa jadi adalah tanda bahwa tulang dan otot anda mengalami dislokasi. Mungkin setiap 30 menit sekali bisa anda pakai untuk peregangan. Berjalan memutari meja, atau sekedar pergi ke toilet bisa dijadikan alternatif.

Tips yang kedua adalah dengan menggunakan meja berdiri. Jadi anda bisa memilih meja yang lebih tinggi, tentu saja disesuaikan dengan ketinggian anda. Hal ini akan mengurangi lamanya waktu anda untuk duduk. Meja yang tinggi ini bisa anda lengkapi dengan kursi yang tinggi pula. Tujuannya yaitu jika anda lelah berdiri, sesekali duduk adalah solusinya.

Efek Samping Duduk Terlalu Lama. Sudah Tahukah Anda?
Efek Samping Duduk Terlalu Lama. Sudah Tahukah Anda?

Tips yang ketiga adalah jangan sampai ada makanan maupun minuman di meja anda. Jadi, ketika anda lapar atau haus, anda akan dipaksa berjalan ke tempat makanan dan minuman, baik itu di pantry ataupun di meja khusus makanan.

Tips yang keempat adalah imbangi waktu duduk anda yang lama tersebut dengan banyak minum. Saya kurang tahu alasannya, tapi ini mungkin ada hubungannya dengan ginjal dan kemampuan darah dalam membersihkan toksin dalam tubuh kita.

Mungkin dari pembaca ingin memberikan tambahan ide supaya kita bisa mengurangi waktu duduk ? Yang pasti, dengan melaksanakan 1-2 tips diatas, saya yakin akan menimbulkan akibat yang baik bagi kesehatan anda semua. Tentu kita tidak mau dong mengalami berbagai gangguan kesehatan karena pekerjaan kita yang mengharuskan kita duduk berlama-lama.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Berolahraga Secara Rutin

Pentingnya-Menjaga-Kesehatan-Jantung-Dengan-Berolahraga-Secara-Rutin-2

Tak terasa blog ini sudah lama terbengkalai tanpa update. Memang beberapa bulan terahir saya cukup sibuk, sehingga tidak bisa menulis diblog ini. Apalagi setelah tahun baru ini, banyak sekali pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan. Namun, walau saya akhir-akhir ini sangat sibuk, saya tetap mengusahakan untuk tetap olahraga secara rutin lho. Saya sangat menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan jantung dengan berolahraga secara rutin. Kenapa tiba-tiba saya membahas tentang jantung? Ya karena salah satu penyakit yang dewasa ini banyak menyebabkan kematian adalah penyakit jantung tersebut.

Berdasarkan berita yang pernah saya baca di media online, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Rentang usia penderita penyakit jantung, baik itu jantung koroner, gagal jantung maupun stroke yaitu mereka yang berada di atas 45 tahun. Jadi, para orang dewasa yang berumur diatas 45 tahun, sangat beresiko mengalami penyakit jantung tersebut.

Walaupun begitu, berdasarkan data yang saya baca dari Depkes RI, disebutkan bahwa gejala penyakit jantung koroner, gagal jantung dan stroke sudah cukup banyak pula ditemukan pada penduduk kelompok umur 15-24 tahun. Mungkin ini adalah rentang umur kita semua, para pembaca blog ini (saya sudah hampir 23 tahun lho, hehe). Jadi, kita gak bisa tenang-tenang saja. Menganggap penyakit jantung itu adalah penyakitnya orang tua. Itu salah bro. Kita-kita yang masih muda ini sudah beresiko mengalami penyakit jantung tersebut.

Pentingnya-Menjaga-Kesehatan-Jantung-Dengan-Berolahraga-Secara-Rutin

Berdasarkan hal tersebut, saya menjadi sedikit khawatir dengan kesehatan jangka panjang saya. Beberapa hal yang saya lakukan yaitu dengan cara menjaga pola makan. Pola makan seperti apa yang bisa menjaga kita dari penyakit jantung? Yang pasti saat ini saya sangat mengurangi segala makanan yang mengandung lemak hewani. Walaupun belum bisa sepenuhnya sih. Saya tidak makan jerohan, kulit ayam, dan juga semacam gulai-gulaian. Saya sudah stop saat ini. Saya hanya makan ayam bagian dada dan paha, itu pun sebisa mungkin menghindari makan kulit. Kalau daging sapi dan kambing, saya jarang makan. Karena memang kurang suka dengan kedua jenis daging tersebut. Jadi apa dong yang saya makan untuk menggantikan daging tersebut? Paling saya sering mengganti menu saya dengan jamur tiram dan jamur shittake. Dan juga minum susu bebas lemak untuk mendapatkan protein yang saya butuhkan.

Kebiasaan yang saya lakukan bukan karena takut gemuk lho, tapi memang karena saya menyadari bahwa makanan-makanan tersebut tidak baik bagi tubuh saya. Selain makanan, saya juga menyadari pentingnya menjaga kesehatan jantung dengan berolahraga secara rutin. Olahraga yang cukup sering saya lakukan yaitu jogging dan senam. Yah, pokoknya latihan kardio gitu lah. Untuk olahraga, saya mengakui bahwa saya belum bisa melaksanakan dengan rutin. Mungkin baru 2 kali seminggu. Bahkan kadang Cuma 1 kali seminggu.

Penyebab penyakit jantung ada beberapa macam, misalnya dari gaya hidup, pola makan, kegemukan, kurangnya olahraga, dan juga merokok. Kepada para pembaca sekalian, menjaga diri agar sehat memang tidak mudah. Namun sakit itu pasti lebih sulit. Mumpung kita masih sehat, ayo kita jaga kesehatan yang diberikan oleh Tuhan.

Terimakasih sudah mau membaca tulisan alakadarnya dari saya ini. Sampai ketemu di tulisan saya selanjutnya…

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Ala Nayla

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Ala Nayla
Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Ala Nayla

Dalam postingan kali ini, akan saya tuliskan cara menurunkan berat badan secara alami ala Nayla. Sumber yang saya dapat berasal dari berbagai buku dan artikel yang sempat saya baca. Setelah memahami semua, akhirnya saya rangkum dalam tulisan ini. Tujuan dari penulisan ini adalah agar saya sndiri tidak lupa mengenai apa yang harus saya lakukan dalam diet.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mendisiplinkan waktu makan. Saat ini, waktu makan saya adalah sekitar jam 9 dan jam 4 sore. Sedangkan malam hari saya tidak makan. Waktu makan yang pasti bertujuan agar kita tidak makan saat kelaparan. Kalau kita makan saat kelaparan, kemungkinan untuk menghabiskan lebih banyak makanan akan semakin besar. hal ini karena otak kita bisa bisa berfikir logis dalam mengambil keputusan sebanyak apa kita akan makan. Jadi, saya makan hanya pada jam-jam tersebut saja.

Langkah kedua, adalah memilih makanan yang akan saya konsumsi. Di pagi hari saya hanya makan 1 buah pisang dan satu gelas jus jeruk. Sedangkan saat makan siang, saya mengkonsumsi nasi dari beras merah dengan lauk telur rebus serta beberapa macam buah. Biasanya sih saya makan apel. Makanan ini saya bawa dari rumah, sehingga porsinya bisa saya jaga. Menurut anjuran sih, nasinya seharusnya Cuma 5 sendok. Tapi sepertinya saya lebih dari itu deh. Selain karena bisa menjaga porsi, kita pun bisa terhidar dari godaan minuman manis yang ada dikantin.

Langkah selanjutnya, saya sama sekali tidak meminum minuman bersoda. Banyak tulisan yang saya baca menyatakan bahwa kandungan gula yang ada pada minuman bersoda itu sangat banyak. Dan minuman bersoda bersama makanan junkfood menjadi salah satu penyebab utama obesitas. Jadi saya benar-benar menghindari minuman bersoda tersebut, dan tentu saja juga makanan junkfood nya saya hindari.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Ala Nayla
Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Ala Nayla

Saat diet ini, saya perbanyak minum air putih. Selain air putih itu sehat, juga bisa menunda lapar. Sebelum dan sesudah makan saya selalu minum air putih terlebih dahulu. Hal ini efektif saat kita merasa lapar pada saat diluar jam makan. Rencananya, setelah berat badan saya kembali ideal, saya akah menambah sedikit porsi makan saya. Mungkin saya akan menambah 1 buah apel dan 1 gelas susu sebelum jam 7 malam. Karena porsi saat ini cukup berat bagi saya. Bagi teman-teman yang mau mencoba beberapa langkah diet saya ini, silahkan. Oh ya, untuk olahraga saya hanya olahraga ringan naik turun tangga beberapa kali. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya. Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi teman-teman semua. Terimakasih…

Semakin Tua Semakin Mudah Gemuk, Itu Fakta !

Semakin Tua Semakin Mudah Gemuk, Itu Fakta !
Semakin Tua Semakin Mudah Gemuk, Itu Fakta !

Apa sih tanda-tanda kalau seseorang itu sudah semakin tua? Sebenarnya cukup banyak tanda seseorang telah menjadi semakin tua. Hal yang paling umum tentu saja terlihat adalah munculnya kerutan kulit dan juga warna rambut yang mulai memutih. Selain itu semakin bertambahnya usia seseorang, kemampuan sel untuk beregenerasi juga semakin berkurang. Akibatnya adalah munculnya berbagai gangguan kesehatan atau penyakit seperti gula darah, asam urat, dan lain-lain.

Penyakit dan tanda-tanda tersebut mulai bisa dilihat pada manusia diatas usia 30 tahun. Dalam beberapa kasus malah usia dibawah 30 tahun. Tentu kita semua sudah tahu kalau pertumbuhan seseorang sudah berhenti pada usia awal 20 tahun. Berarti sekitar 20-22 tahun. Setelah usia tersebut, seseorang bakal berhenti tumbuh. Makanan yang dikonsumsinya tidak akan berguna untuk menambah pertumbuhan badannya, namun hanya dipakai untuk recoveri, seperti misalnya perbaikan sel-sel tubuh. Sisanya kemudian akan disimpan ataupun di buang. Zat yang dibuang misalnya mineral, seperti kalsium. Sedangkan lemak dan gula akan disimpan oleh tubuh sebagai cadangan energi. Disinilah letak permasalahannya!!
Usia saya sekarang ini sudah lebih dari 22 tahun. Dan sudah beberapa bulan ini tinggi saya sudah tidak bertambah. Jadi bisa dibilang kalau fase pertumbuhan saya sudah berhenti. Setelah fase pertumbuhan, manusia tinggal mengalami fase perkembangan. Setidaknya itulah yang pernah saya baca. Mungkin saat ini saya sedang berada pada fase tersebut. Saya sadar kalau saya sudah semakin tua saja. Berdasarkan sebuah artikel yang pernah saya baca, semakin tua seseorang, maka dia akan semakin mudah gemuk.

Susah juga kalau sampai saya semakin gemuk. Apalagi bagi seorang wanita, memiliki tubuh gemuk itu adalah seperti mimpi buruk. Dan saya pun sepertinya sudah merasakan kebenaran dari statemen tersebut. Semakin tua semakin mudah gemuk. Dan itu fakta. Jadi ceritanya begini. Siang tadi sebelum saya makan, saya menimbang berat badan saya. Angka yang tertera adalah 57 Kilogram. Seingat saya sekitar 1 bulan yang lalu, berat badan saya adalah 53 Kilogram. Jadi berat badan saya naik sekitar 4 kilogram dalam waktu 1 bulan. Waduh…

Semakin Tua Semakin Mudah Gemuk, Itu Fakta !
Semakin Tua Semakin Mudah Gemuk, Itu Fakta !

Selain mengganggu penampilan, saya takut gemuk karena rentan terhadap gangguan kesehatan. Dengan hadirnya tulisannya, harapan saya bisa mengingatkan kembali diri ini agar bisa menjaga berat badan ideal saya. Namun, selain menyesali semua yang sudah terjadi, saya pun introspeksi. Kira-kira apa penyebab berat badan saya menjadi naik drastis. Jawabannya adalah beberapa hari ini karena pekerjaan saya cukup banyak, menyebabkan saya mau tidak mau haru lembur dan begadang hingga pagi. Kadang pas subuh baru tidur. Ditengah aksi begadang tersebut, saya kerap ngemil makanan dan juga minuman bersoda. Saya yakin inilah biang keladi dari masalah ini. Selain itu karena pekerjaan saya yang kebanyakan duduk didepan komputer, jadinya kurang gerak deh.

Dari postingan sebelumnya yang saya tulis, memang pekerjaan saya akhir-akhir ini sangat banyak. Biasanya setiap minggu saya selalu rutin jalan-jalan dan ikut senam di CFD. Tetapi sudah beberapa waktu ini kegiatan tersebut saya hilangkan dari agenda saya. Yah, ini salah saya juga sih. Setiap minggu pagi, karena terlalu lelah bekerja membuat saya sering malas-malasan untuk keluar rumah, apalagi untuk berolahraga.

Ya sudah, kenaikan berat badan itu tidak perlu disesali. Saat ini target saya adalah sedikit demi sedikit mengurangi berat badan saya agar kembali ke angka ideal. Sedikit diet sepertinya perlu saya lakukan deh. Penggantian konsumsi makanan yang tidak sehat, menjadi makanan yang lebih sehat seperti sayuran dan buah buahan harus mulain saya biasakan. Jadi istilah semakin tua semakin mudah gemuk bisa dihilangkan dari kamus saya. Semangat !!

Semakin Tua Semakin Mudah Gemuk, Itu Fakta !
Semakin Tua Semakin Mudah Gemuk, Itu Fakta !

Bagi teman-teman pembaca yang juga mengalami masalah yang sama, segera instrospeksi diri. Kira-kira dalam beberapa waktu terahir apa yang kalian lakukan sehingga berat badan kalian bisa naik. Misalnya seperti jarang jalan kaki, padahal sebelumnya kemana-mana jalan kaik, sekarang memilih naik motor. Ataupun sebelumnya jarang ngemil, sekarang jadi sering ngemil. Coba deh pikirkan. Nanti kalau sudah ketemu masalahnya di mana, kita jadi tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Yang penting tetap berusaha, karena gemuk itu memiliki potensi yang besar untuk menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Sekian dulu dari saya, sampai jumpa !!

Cukup 20 Menit Perhari untuk Melatih Kesehatan Jantung

Walaupun masih muda, saya mencoba selalu memperhatikan kesehatan tubuh saya. Salah satunya yaitu kesehatan jantung. Tubuh saya bukanlah tipe orang yang memiliki fisik yang kuat. Saya tidak pernah mengikuti perlombaan-perlombaan olahraga berat seperti lari marathon, Jakarta 10K, dan sebagainya. Olahraga yang cukup berat yang pernah saya lakukan adalah ketika tes lari 4 kali putaran lapangan ketika saya masih SMA. Dan itu membuat saya hampir pingsan.

Berlari
Berlari

Walaupun dengan keadaan demikian, saya setiap hari (atau minimal 3 hari dalam seminggu) melakukan olahraga ringan untuk melatih otot-otot jantung saya. Beberapa olahraga ringan yang saya lakukan rutin adalah seperti naik turun tanggu di rumah. Tidak pernah saya hitung berapa kali, tapi saya menggunakan patokan waktu selama 20 menit. Salama waktu 20 menit tersebut saya berjalan naik turun tangga sebanyak yang saya mampu.

Dengan melakukan olahraga ini harapan saya bisa tetap menjaga kebugaran tubuh serta kekuatan jantung saya. Kenapa 20 menit? Tidak ada sumber yang bisa saya berikan, karena itu hanya waktu perkiraan saya saja kok.

Jantung Sehat
Jantung Sehat

Selain naik turun tangga, kalau ada waktu luang yang cukup panjang saya suka jalan-jalan cukup jauh. Bisa beberapa kilometer jauhnya. Bagi saya yang tidak kuat berlari, jalan dengan waktu yang lama dan jarak yang jauh saya rasa cukup efektif untuk melatih daya tahan fisik saya. Mungkin suatu saat bisa saya tambah dengan ikut senam aerobik. Ya, sudah lama saya ingin ikut senam aerobik di acara car free day. Akan tetapi selalu ada saja halangan untuk mengikuti acara tersebut.

Untuk saat ini, naik turun tangga selama 20 menit secara rutin adalah olahraga yang masuk akal bagi saya. Tidak terlalu berat, namun saya yakin bisa berguna. Mungkin anda juga mau mencoba olahraga ini? Tentu tidak harus 20 menit. Bisa anda sesuaikan dengan kondisi tubuh anda. Saya pun berencana melakukan olahraga naik turun tangga dengan interval 15 menit sebanyak 4 kali dengan jeda istirahat 5 menit. Tapi belum kesampaian sampai sekarang. Mungkin anda mau mencobanya? Silahkan…

Kenapa Ya Akhir-Akhir Ini Saya Sering Terlalu Capek?

Capek Banget
Capek Banget

Beberapa hari ini saya benar-benar sering merasa kecapekan. Biasanya 3 jam duduk di meja kerja saya kuat. Tetapi beberapa hari ini 1 jam saja saya harus sudah berdiri untuk merenggankan otot-otot tubuh saya. Padahal beban kerja saya pun sama saja seperti hari-hari yang lain. Sepulang bekerja pun saya langsung merebahkan diri di tempat tidur. Butuh waktu sekitar 15 sampai 20 menit untuk mengumpulkan tenaga saya untuk sekedar berganti pakaian.

Seingat saya, sudah 4 hari ini saya berada dalam kondisi over tired tersebut. Akhirnya saya pun mencoba browsing untuk mencari artikel-artikel kesehatan, dan ketemulah jawaban mengapa saya menjadi sering capek melebihi biasanya. Entah artikel kesehatan tersebut benar atau tidak, namun sepertinya masuk akal juga. Sekitar 1 sampai 2 minggu terahir saya memang kurang mengkonsumsi buah-buahan serta juga kurang minum air. Gak tahu kenapa ya, padahal biasanya saya sangat rajin mengkonsumsi buah-buahan serta cukup rakus dalam menghabiskan bergelas-gelas air putih.

Setelah mencoba instrospeksi diri, akhirnya mulai hari ini saya mulai memakan banyak buah-buahan. Untung saja di dalam kulkas ada potongan buah kiwi, yang mungkin punya adik saya. Ya udah, saya habisin aja tuh kiwi. Karena gak ada buah lain yang tersisa, akhirnya saya cukup puas hanya dengan memakan sepotong buah kiwi dan meminum satu gelas besar air putih. Dan besok waktu berangkat ke tempat kerja, sekalian saya membeli beberapa buah-buahan.

Kurang Makan Buah
Kurang Makan Buah

Mungkin karena kurang mengkonsumsi buah serta ar putih, tubuh saya menjadi kekurangan vitamin yang penting bagi tubuh. Selain itu di tambah pula dehidrasi yang menyerang akibat asupan cairan yang tidak cukup. Jadilah tubuh saya menjadi kurang bertenaga, cenderung lemah, dan cepat lelah.

Bagi anda semua yang sempat membaca artikel yang saya tulis ini, serta mengalami masalah gampang lelah seperti saya, bisa menerapkan tips dari saya tadi. Yaitu perbanyak makan buah serta minum air yang cukup. Untuk buah apa yang akan anda konsumsi, saya menyarankan terdiri dari beberapa jenis. Misalnya apel, melon dan alpukat. Sehingga vitamin yang akan anda peroleh akan lebih bervariasi.

Sesibuk apapun anda, anda tidak sempat membeli buah-buahan segar, jus buah segar mungkin bisa anda pertimbangkan. Saya pun kadang malah hanya meminum jus buah kalengan yang saya beli di minimarket sewaktu di perjalanan. Namun alangkah baiknya, buah segar menjadi pilihan utama bagi kita.

Tuntutan pekerjaan yang banyak memberikan beban kepada tubuh kita, tentu harus kita imbangi dengan pola makan yang seimbang. Empat sehat lima sempurna. Serta juga tak boleh lupa istirahat yang cukup dan berkualitas.

Istirahat Dengan Baik
Istirahat Dengan Baik

Waduh, kok saya jadi ceramah gini ya. Hehe

Kalau begitu, sampai ketemu di artikel berikutnya. Selalu jaga kesehatan anda. Dan semoga tubuh saya bisa segera pulih kembali. Bye !!!

Bingung Mau Ngapain…

Ya, ini postingan saya yang ketiga. Lagi bosen nih. Gak ada kerjaan. Nulis aja deh di blog. Curhat-curhat dikit gapapa kan. Hehe

Enggak kok, gue cuma mau share video dari youtube. Video tentang apa? Videonya dari National Geographic, judul videonya Discovery Channel ★ Mega Structures Burj Khalifa ★ National Geographic ★ Full Documentary

Video ini menurut saya bagus banget. Kenapa? Sepanjang 1 jam lebih durasi video ini, saya terus-menerus dibuat kagum. Mulai dari bangunannya yang emang mewah, keren, menakjubkan, dll, juga dari cara ngebuatnya yang emang pasti menakjubkan juga.

Gak rugi deh kalian liat video ini,, itung-itung nambah ilmu lah. Masa mau liat sinetron mulu. Hehe